kunci jawaban soal bahasa inggris dan pembahasannya untuk ...

24 downloads 107 Views 116KB Size Report
82. KUNCI JAWABAN SOAL BAHASA INGGRIS DAN PEMBAHASANNYA. UNTUK BINTEK SD-SMP SATU ATAP. 1. B. Pembahasan: Notice di atas ...

82

KUNCI JAWABAN SOAL BAHASA INGGRIS DAN PEMBAHASANNYA UNTUK BINTEK SD-SMP SATU ATAP

1. B Pembahasan: Notice di atas menginformasikan pada tamu tentang waktu untuk meninggalkan hotel pukul 12 siang dan apabila melewati waktu tsb. Akan mendapat charge, untuk menghindari charge agar keluar dari hotel sebelum jam 12. Hal ini dapat dilihat pada pernyataan” GUESTS WILL AVOID AN ADDITIONAL DAY'S ROOM CHARGE BY CHECKING OUT IN TIME” 2. B Pembahasan: Pada pesan singkat di atas, Aldi meminta tolong Dewi untuk menyerahkan tugasnya pada Mr. Joe. Dapat dilihat pada kalimat “ Would you mind submitting my report to Mr. Joe?” 3. D Pembahasan: Pada kartu undangan di atas dapat diketahui lokasi pesta di “Venue : Ball Room Sultana Hotel” 4. B Pembahasan: Lamanya pesta tersebut dapat diketahui dari “Time : 7pm – 10 pm” 5. D Pembahasan: Dari kalimat “the best photographer journalist 2009” dan “The manager and staff of The JJ Daily Post”, maka Bima adalah seorang photographer journalist dari sebuah surat kabar. 6. D Pembahasan: Teks tersebut adalah kartu ucapan selamat,maka tujuan dari penulis dalam menulis kartutsb. Adalah “congratulate Bima on his success 7. D Pembahasan: Pada kalimat “It’s a nice place for camping and hiking, and also for fishing. There’s a river near campsite. But I’m not really keen on it. At night we’ll sit around the fire and sing songs.” Maka kegiatan yang akan dilakukan oleh Denise adalah: camping,hiking, singing, dan sitting aroud fire.

8. A Pembahasan: Alasan kenapa Denise pargi ke gunung salak karena “ U know summer is a good time for camping and hiking. We plan to go to Salak mountain.”

83

9. A Pembahasan: Pertemuan tersebut membicarakan customers’ order,hal ini dapat dilihat pada kalimat:“It will be about the customers’ orders.” 10. D Pembahasan: Pengumuman di atas ditujukan untuk “all makerting managers” dan yang menulis pengumuman adalah “secretary director” maka yang akan datang pada meeting di atas adalah jawaban D. 11. D Pembahasan: Pada teks iklan di atas, alasan Tamansari adalah tempat yang menarik untuk dikunjungi karena “You will find a unique atmosphere of the past periods.” Maka jawaban yang tepat D 12. A Pembahasan: Dari teks pada kalimat “The Sacred Room As a hermitage place for the Sultan and his family”, maka tempat untuk berdoanya adalah di Sacred room. 13. B Pembahasan: Tujuan dari teks label yang tepat adalah “To give detailed information of the product”, maka jawaban yang tepat B 14. A Pembahasan: Makna dari kata “Prescription” yang tepat sesuai konteksnya adalah “Recommendation”. 15. B Pembahasan: Dari teks diketahui alasan penderita diabet dapat meminum obat tsb dapat dilihat pada kalimat “ The elixir is suitable for diabetic patients, since it does not contain sugar” 16. D Pembahasan: Teks di atas membicarakan biografi Obama disaat sebelum menjadi presiden terpilih US. 17. C Pembahasan: Obama dahulu mengajar di Univ. Chicago hal ini dpat diketahui pada kalimat “. He also taught constitutional law at the University of Chicago Law School from 1992 to 2004.” 18. D Pembahasan: Makna dari kata “resignation” adalah keluar atau berhenti dari kegiatan. Maka jawaban yang tepat adalah “He gave up from his job or position before”

84

19. A Pembahasan:Lamanya Obama menjadi senator adalah 4 tahun, hal ini dapat dilihat pada kalimat “Obama was the junior United States Senator from Illinois in 2004 and served until his resignation on November 16, 2008” 20. D Pembahasan: Dari teks diketahui campuran air lemon dan santan dituang ke “Mix black glutinous rice flour, salt and grated coconut in a small mixing bowl. Stir together the lime water and warm coconut milk and pour this into the ingredients in the mixing bowl, mixing with your hands to get fairly soft, pliable dough.” 21. C Pembahasan: Rujukan kata dari kata ‘this’ dapat dijumpai pada kalimat sebelumnya yaitu;” Stir together the lime water and warm coconut milk and pour this into the ingredients in the mixing bowl”. 22. A Pembahasan: Makna yang tepat dari kata “flatten” adalah make something flat. 23. D Pembahasan: Pernyataan yang tidak benar berdasarkan teks adalah The writer was slightly injured. The writer tidak slightly injured tetapi badly injured karena penulis mengatakan My hands, legs and face were bleeding from the many parts where my skin had been scraped off. 24. B Pembahasan: Jawaban yang benar berdasarkan teks adalah scrapping off. 25. D Pembahasan: Jenis teks tersebut adalah recount, oleh karenanya tujuan teksnya adalah To retell about the accident. 26. D. Pembahasan: Makna atau sinonim dari kata might dalam konteks tersebut adalah power. 27. B Pembahasan: Teks di atas adalah teks report yang secara keseluruhan menceritakan pengalaman penulis selama di Bunaken. 28. D Pembahasan: Jawaban dari pertanyaan tersebut dapat ditemui pada kalimat: “We arrived at the Sea breeze dive centre and were immediately greeted by a local.” 29. A

85

Pembahasan: Pada pargraph tiga penulis mendriskripsikan Bunaken dan tempat dia tinggal selama di Bunaken, jelas terlihat pada kalimat pertama dan terakhir. 30. D Pembahasan: Dari pilihan yang tersedia jawaban yang tepat dengan isi bacaan dari hasil simpulan adalah in Bunaken the writer stayed in a cottage on the water edge. 31. D Pembahasan: Jawaban dari pertanyaan di atas dapat diyemui pada kalimat : “Finally, their prayer was complied on one condition: they would have to sacrifice their youngest son to the Bromo crater.” 32. D Pembahasan: Makna kata yang tepat untuk ‘sibling’ adalah brother or sister.

33. C Pembahasan: Jawaban dari pertanyaan tersebut diambil dari kesimpulan kalimat: “The Mount Bromo erupted signaling that the gods asked the couple to fulfill their promise. But they didn’t want to let their youngest son, Raden Kusuma, be sacrificed to the crater.”

34. A Pembahasan: Hikmah dari cerita di atas bahwa kita harus menepati janji kita,maka jawaban yang tepat : “People must fulfill their promise to the god to get their desire”. 35. A Pembahasan: Pertanyaan dalam soal ini menanyakan gambaran umum isi bacaan. Bila kita baca secara keseluruhan maka teks berbicara soal kota terkenal Jepang yaitu Tokyo. Jawaban yang benar adalah A.

36. B Pembahasan: Pertanyaan menanyakan dimana tempat berkumpulnya anggota DPR Jepang. Dari teks bisa dibaca bahwa tempat yang dimaksud adalah The National Diet Building. Jadi jawaban yang tepat adalah B.

33. D Pembahasan: Pertanyaan menanyakan makna kata sesuai konteks.. Bila dibaca pada kalimat sebelumnya diketahui bahwa mereka yang dimaksud dalam hal ini adalah Japan’s emperors.

86

34.

A Pembahasan: Persamaan makna dari seaport adalah harbor. Jadi jawaban yang tepat adalah A.

35. C Pembahasan: Yang menjadi topic paragraph pada paragraph 2 adalah tentang bagaimana Guntur terjadi. Ini diketahui karena pada paragraph ini dibahas proses mulai dari awal terjadinya Guntur sampai terdengarnya suara Guntur tersebut.

36. A Pembahasan: Pertanyaan menanyakan alasan mengapa yang terjadi kilat terlebih dahulu baru suara Guntur. Dari teks diketahui hal itu terjadi karena kecepatan cahaya lebih cepat dari pada suara. Jadi jawaban A yang benar.

37. B Pembahasan: Untuk menjawab soal tersirat ini perlu dicari clue (petunjuk) berupa katakata dalam teks, lalu kita menyimpulkan. Dari clue diketahui bila kita menghitung sampai 15 jarak antara kilat dan Guntur, maka jarak keduanya 3 mil. Jika hitungan kita mencapai 30 berarti jarak kilat dan halilintar itu adalah 6 mil.

38. C Pembahasan: Bila kita terjemahkan dengan baik maka kata “it” yang dimaksud dikalimat ini tentunya kilat. Jadi jawaban yang benar C.

39. B Pembahasan: Pertanyaan dalam soal ini menanyakan gambaran umum isi bacaan. Bila kita baca paragraph 1 dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan teks berbicara tentang pengalaman berkemah pertama si penulis teks.

40. A Pembahasan: Yang menjadi topic paragraph pada paragraph 4 adalah tentang enaknya tidur sipenulis dikasur udara di tempat camping. Jawaban yang tepat adalah A

87

41. A Pembahasan: Pertanyaan menanyakan alasan mengapa penulis membangunkan Jacklyn di malam hari. Dari teks diketahui hal itu terjadi karena si penulis mendengar suara binatang yang datang mendekat dan ia ingin memberitahu temannya itu. Informasi tentang hal ini dapat ditemukan di paragraf 5. Jadi jawaban yang benar adalah D

42.

C Pembahasan: Jawaban dapat ditemukan pada kalimat sebelumnya yaitu campground. Jadi jawaban yang benar C.

43. A Pembahasan: Untuk menjawab soal tersirat ini perlu dicari clue (petunjuk) berupa katakata dalam teks, lalu kita menyimpulkan. Dari kalimat I woke Jacklyn up and I told her that there was a bear in our camp diketahui bahwa penulis terkesan sangat takut dengan beruang. Andaikan ia berani ia tidak akan perduli dengan kehadiran binatang itu dan melanjutkan tidurnya.

44. C Pembahasan: Kata leader adalah sebagai subyek kalimat. Berarti kita tinggal mencari kata sifat yang menunjukkan kepunyaan ( pemimpin siapa). Tentu saja yang dimaksud pemimpin dari binatang tawon itu. Dengan demikian yang tepat adalah ”their” karena ”their” adalah bentuk kata ganti kepunyaan ”they”. Pilihan jawaban yang lainnya tidak tepat. Jadi jawaban soal ini adalah C.

45. A Pembahasan: Yang harus ditentukan adalah penggunaan kata kerja yang tepat sebagai predikat dari subjek berupa these bees. Jadi kita tinggal bertanya apa yang binatang ini lakukan terkait dengan honey (madu). Tentu yang paling tepat adalah kata produce.

46. C Pembahasan: Yang harus ditentukan adalah penggunaan kata keterangan (adverb of manner) yang tepat. kata ini menerangkan bagaimana bergeraknya sayap lebah/tawon tersebut. Tentu yang paling tepat adalah rapidly menerangkan kata kerja.

88

47. B Pembahasan: Bila kita baca secara keseluruhan maka teks bercerita soal pengalaman menumpang kendaraan Andreas sebagai hitchhiker yang akhirnya ia dipenjara. Dengan demikian jawaban B yang paling tepat.

48.

A

Pembahasan: Yang menjadi topik paragraph pada paragraph 4 adalah tentang ketidaknyamanan penulis ketika harus tidur di tempat camping. Jawaban yang tepat adalah A

49. D Pembahasan: Pertanyaan menanyakan alasan mengapa Andreas menumpang mobil orang. Dari teks diketahui hal itu terjadi karena ia tidak punya uang untuk beli tiket atau kereta Jadi jawaban yang benar adalah D

50.

D

Pembahasan: Dari cerita diketahui karena andreas terlalu percaya pada orang (supir) yang ia tidak kenal. Akibatnya ia dipenjara karena disangka sebagai teman supir yang disangka pengedar narkotik. Nilai hidup yang harus diperhatikan dari cerita ini ialah jangan percaya begitu saja pada orang yang belum kita kenal.

51.

A

Pembahasan: Dari bentuk dan isi teks jelas teks berbentuk report. Isi teks tentang tanaman kaktus. Dengan demikian tujuan penulisannya adalah jawaban A.

52.

B

Pembahasan: Pertanyaan menanyakan alasan mengapa tumbuhan tumbuh pada jarak yang jauh satu sama lain. Dari sekian banyak alasan, hanya jawaban B yang paling tepat seperti yang tertulis dalam teks, tepatnya di paragraf 3. Jadi jawaban yang benar adalah B.

53.

A

89

Pembahasan: Persamaan makna dari soak up adalah absorb. Jadi jawaban yang tepat adalah A.

54.

C

Pembahasan: Bila kita baca secara keseluruhan maka teks bercerita tentang anggota pramuka karena kata scouts dipakai secara berulang-ulang. Dengan demikian jawaban C adalah jawaban yang paling tepat.

55.

A

Pembahasan: Yang menjadi topic paragraph pada paragraph 1 adalah pada kalimat awalnya. Kalimat lain menjadi kalimat penjelas dari kalimat pertama ini. Jawaban yang tepat adalah A

56.

B

Pembahasan: Pertanyaan menanyakan perilaku yang tidak boleh dilakukan oleh pramuka. Dari empat pilihan jawaban, hanya jawaban B yang tepat.

57.

A

Pembahasan: Persamaan makna dari survive adalah stay alive. Jadi jawaban yang tepat adalah A.

58.

C

Pembahasan: Untuk menyusun kalimat-kalimat diatas menjadi paragraph yang padu perlu dilihat mana kalimat sebagai pikiran utama dan mana yang menjadi kalimat penjelas. Hubungan ini bisa terlihat dari kalimat mana sebagai penjelas utama (major supporting sentence) dan penjelas detil selanjutnya (minor supporting sentences). Susunan yang paling kohiren adalah C

59.

C

Pembahasan: Bila kita perhatikan kata-katanya, kalimat yang akan disusun adalah kalimat majemuk. Hal ini diketahui dari adanya dua subjek dan sebuah kata penghubung (and). Bila tiap-tiap kata-katanya disusun dengan memperhatikan mana kata yang menjelaskan dan yang dijelaskan, maka jawaban C yang paling tepat.

60.

D

90

Pembahasan: Bila kita perhatikan kata-katanya, kalimat yang akan disusun adalah kalimat perintah. Hal ini diketahui dari adanya kata please. Bila tiap-tiap kata-katanya disusun dengan memperhatikan mana kata yang menjelaskan dan yang dijelaskan, maka jawaban D yang paling tepat.

The Flash | Asus Monitor | El Reino BluRay MicroHD